Pusat Ilmu Secara Detil

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Dengan ORPALIS PDF Reducer Free

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Dengan ORPALIS PDF Reducer Free

Terkadang kita menemui permasalahan saat mengirimkan laporan praktikum dalam bentuk file PDF, proses upload memakan waktu yang lama. Atau mungkin para peneliti sering disebutkan disistem, laporan maximal 10 MB, sedangkan laporan penelitian kita dalam bentuk file PDF lebih dari 10 MB. 

Kalau persoalan diatas muncul ?. Lalu bagaimana cara mengatasinya. Tentunya ukuran file PDF harus diperkecil. Kalau diperkecil, berarti harus edit pada Microsoft Word, kemudian convert lagi ke PDF. Kalau kita lakukan dengan cara seperti itu, tentunya akan memakan waktu yang lama lagi.

Cara praktis untuk memperkecil ukuran file PDF tentunya dengan bantuan software PDF sendiri. Anda bisa mencoba salah satu alternatif software ORPALIS PDF Reducer Free.


Langkah-langkah mengecilkan ukuran file PDF

1. Download ORPALIS PDF REDUCER Free

URL Download : ORPALIS PDF Reducer Free
Pilih yang free edition (sifatnya Trial)
Lisensi : Freeware
Ukuran file installer : 15 MB


2. Install Software ORPALIS PDF REDUCER Free

Setelah anda mengdownload, langkah berikutnya adalah menginstallnya. Proses installnya tidak susah, cukup klik pada file installer tersebut, kemudian tekan next saja sampai proses installasi selesai. Proses installnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.


3. Menggunakan Software ORPALIS PDF REDUCER Free

Pada langkah ke-3 ini kita akan mencoba untuk mengsimulasikan bagaimana software tersebut dapat memperkecil ukuran file PDF.

Open sofware tersebut, sehingga software tersebut akan muncul seperti Gambar.1 dibawah ini :
Gambar.1
Cukup tekan tombol OK,Kemudian kita akan lanjutkan dengan mengcompress ukuran file PDF seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.2 dibawah ini :
Gambar.2
Keterangan :

  • No.1 menandakan posisi atau lokasi file PDF. Silahkan browse file PDF anda yang ingin diperkecil ukurannya.
  • No.2 menandakan lokasi folder setelah file PDF kita diperkecil
  • Pada bagian Threads :1.Single Process adalah keterangan bahwa process dilakukan satu persatu, artinya jika ingin mengompress file lain kita harus menunggu selesai file pertama dulu. Jika ini mengcompress banyak file, misal dua file sekaligus, kita memilih Multi Process. Namun opsi Multi Process ini tidak tersedia pada edisi Free.

Jika software ini pertama kali anda install, pasti berhasil. Namun karena sifatnya trial, begitu masa trial habis, maka proses kompress akan mengalami kegagalan.

Lalu bagaimana solusinya, uninstall secara bersih installer tersebut, kemudian install lagi. Dan proses kompres akan berhasil lagi. Kalau tidak ingin diribetkan yang tentunya harus yang berbayar.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments