Pusat Ilmu Secara Detil

Manfaat dan Cara Defrag Hardisk Laptop pada Windows 7

Manfaat dan Cara Defrag Hardisk Laptop pada Windows 7

Hardisk merupakan media storage atau penyimpanan pada sebuah komputer atau laptop yang sangat penting.  Kita sering menyimpan file seperti : file mp3, file dokumen, foto dan lain-lain. 

Tahukan anda bagaiman sistem kerja sebuah file ditulis pada hardisk dan bagaimana menjaga file tersebut agar dapat dibaca dengan baik dan berjalan dengan cepat proses pembacaannya.

Apa itu Disk Defragmenter ?

Disk defragmenter adalah  Disk Defragmenter adalah utilitas di Microsoft Windows yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan akses dengan menata ulang file yang tersimpan di disk untuk menempati lokasi penyimpanan contiguou (bersebelahan).


Manfaat Defrag Hardisk ?

Defragmentation adalah proses yang mengurangi jumlah fragmentasi. Maksudnya apa ?. Pada saat file itulis ke hardisk, maka file sistem akan mengalokasikan cluster yang sesuai untuk ukuran file tersebut.
Manfaat Defrag Hardisk
Gambar.1 Manfaat Defrag Hardisk

Misalnya, jika masing-masing cluster 512 byte dan ukuran file yang ingin kita simpan 800 byte, maka dibutuhkan dua cluster untuk file terseebut. Kemudian pada suatu saat kita memperbarui file tersebut, misalnya dua kali ukurannya (1600 bytes) sehingga dibutuhkan dua cluster lagi untuk menyimpan file yang telah diperbaharui tersebut.


Namun jika cluster bersebelahan (cluster yang bersebelahan pada disk) tidak tersedia, data ditulis di tempat lain pada disk, dan file dianggap terfragmentasi. Fragmentasi adalah masalah ketika sistem file harus mencari beberapa lokasi yang berbeda untuk menemukan semua potongan file yang ingin Anda baca. Pencarian menyebabkan penundaan sebelum file tersebut diambil, sehingga menyebabkan proses pembacaan menjadi lebih lama. Ini adalah salah satu kenapa komputer atau laptop kita bekerja lambat. Kenali penyebab lainnya mengapa laptop kita menjadi lambat atau lemot pada tutoria berikut : Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang lambat

Sesuai dengan fungsinya, defragment disk ini bertujuan untuk mengurangi jumlah fragmentasi, sehingga proses pembacaan file menjadi lebih cepat. Kadang-kadang inilah salah satu


Perlukah kita melakukan Defrag ?

Untuk sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10, kita tidak perlu melakukan defrag. Karena secara sistem, proses defrag sudah dijadwalkan secara reguler. Untuk memastikannya, silahkan cek pada Start->All Programs ->Accessories->Sytem Tools , kemudian klik Disk Defragmenter.
cara mengatasi komputer lemot dengan mengdefrag hardisk
Gamabr.2 Set Jadwal Disk Defragmenter

Seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.2, kita melihat bahwa proses defrag telah dijadwalkan setiap mingguan pada hari Rabu. Kita dapat merubah jadwal defrag sesuai dengan kebutuhan kita.

Jika seandainya anda ingin segera mendefrag tanpa menunggu jadwalnya, kita tinggal klik pada Drive yang ingin didefrag, kemudian klik tombol Defragment Disk.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments